The Real History of Valentine Day

image

Di berbagai milis, di facebook, di twitter, sms, di BBM, di weblog banyak beredar kisah tentang sejarah Valentine.
Intinya mengajak kita untuk tidak merayakan Hari Kasih Sayang, karena ajaran sesat. Kabar itu ternyata semua bohong, alias hoax, saudara-saudara. Inilah kisah sejarah Valentine yang sebenar-benarnya, yang sesungguh-sungguhnya.

Dua hari lalu para arkeolog berhasil menemukan sebuah lempengan kuno di Ancol, Jakarta Utara. Setelah dibaca berkali-kali dan berulang-ulang oleh para ahli bahasa, benda bersejarah yang terbuat dari emas itu ternyata mengungkap asal-mula Hari Valentine yang dirayakan di seluruh dunia. Kita sebagai bangsa Indonesia wajib berbangga, ternyata Hari Valentine asal-usulnya dari negeri kita, kejadian tepatnya di Betawi.

Terkisah pada zaman dulu, VOC berhasil mengalahkan Kerajaan Demak yang beberapa puluh tahun menduduki Batavia. Ada beberapa anak muda asal Pajajaran yang membantu VOC, karena tidak tahan dijadikan budak oleh pasukan Demak. Diantara anak muda itu ada yang bernama Memet dan Udin.

Setelah berbulan-bulan di Batavia, mereka berkenalan dengan Entin, gadis Betawi asli. Keduanya sama-sama naksir Entin. Akhirnya terjadilah perkelahian seru sambil bawa golok ngerebutin cinta Entin. Tanpa sengaja Entin kena bacokan Memet di kepala. Melihat kejadian itu Udin berteriak,”Kepale Entin, k’pale…pale Entin…”.

Serdadu kompeni lalu melerai perkelahian itu dan mencoba menyelamatkan nyawa Entin. Ucapan Udin “pale entin pale entin” itu disalahdengarkan oleh para kompeni menjadi Valentine……

Begitulah cerita yang sebenar-benarnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s